Kamis, 27 Agustus 2009

Sudah Bisakah Kita Dikatakan Kaya ?

Masyarakat pada umumnya keliru menafsirkan kata "kaya". Banyak yang menganggap orang yang berpenghasilan tinggi, katakanlah diatas 20 juta tiap bulannya, adalah orang yang kaya. Banyak juga yang menilai dari materi yang dimilikinya. Menurut mereka, orang kaya adalah orang yang memiliki rumah mewah, mobil mewah, serta barang-barang mahal lainnya.

Apakah sekedar memiliki pendapatan besar dan barang-barang mewah sudah cukup untuk disebut kaya yang sesungguhnya? Sayangnya jawabannya adalah tidak! Kekayaan finansial bukan sekedar gaji besar atau materi yang dimiliki.

Kaya tidak bisa dinilai menurut satu patokan saja. Berikut syarat utama yang harus dipenuhi agar dapat disebut kaya:

1. Pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Ini adalah aturan yang paling dasar dan paling penting dalam keuangan. Dengan mengatur pengeluaran hingga selalu berada dibawah penghasilan, maka secara berkala anda akan mengakumulasikan kekayaan. Akan jauh lebih baik lagi apabila anda dapat memanfaatkan kekayaan yang telah anda kumpulkan ini untuk memberikan penghasilan lagi bagi anda.
2. Jumlah kekayaan bersih lebih besar dari 10 milliar rupiah. Salah satu undang-undang di US mengatakan bahwa orang yang tergolong kaya adalah orang yang memiliki kekayaan bersih diatas $ 1 juta. Jumlah ini, apabila diterjemahkan ke mata uang kita, akan menjadi 10 milliar rupiah. Coba anda hitung jumlah seluruh harta yang anda miliki, lalu kurangi dengan segala hutang anda yang belum terbayar (hutang kartu kredit, pinjaman bank, kredit yang belum terbayar). Apabila jumlahnya diatas 1o miliar, maka anda tergolong orang kaya.
3. Akumulasi harta lebih besar dari kekayaan bersih yang diharapkan.

Kekayaan Bersih Yang Diharapkan = Usia x Penghasilan Tahunan Sebelum Pajak (semua sumber kecuali warisan) : 10

Patokan kaya selanjutnya adalah kemampuan untuk mengakumulasikan harta kekayaan dalam jumlah yang besar. Gunakan rumus Danko dan Staley diatas untuk menghitung berapa jumlah kekayaan bersih anda yang seharusnya, lalu bandingkan dengan jumlah kekayaan bersih anda sekarang. Walaupun anda memiliki 10 milliar, namun kalau seharusnya kekayaan anda berjumlah 20 milliar, anda belum dapat disebut kaya. Sebaliknya, bila anda memiliki 100 juta, tapi kekayaan bersih minimal yang diharapkan adalah 50 juta, anda kaya, bukan dalam jumlah harta, tapi lebih pada diri anda yang telah memiliki sikap dasar orang kaya.
4. Memiliki kebebasan. Anda bisa saja memiliki kekayaan luar biasa besarnya, tapi anda tidak kaya kalau anda tidak bebas. Bebas apa saja? Bebas dari rasa khawatir, bebas menggunakan uang dan waktu anda, bebas mengembangkan hubungan anda dengan keluarga, bebas bekerja kapanpun anda mau, atau singkatnya, Anda menikmati hidup anda sepenuhnya!

Mungkin saja anda saat ini sudah memenuhi satu, dua, atau bahkan seluruh persyaratan "kaya" yang disebut diatas, tapi kalau belum jangan khawatir. Tulisan-tulisan disini akan memandu dan membantu anda mencapai semua hal diatas. Selamat memulai langkah baru dalam hidup anda!


(Sumber: www.KeuanganPribadi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar